MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VII SMP ISLAM

Authors

  • Iswahyudi Universitas Megarezky, Makassar, Indonesia
  • Kurnia Rusli Universitas Megarezky, Makassar, Indonesia
  • Agus Ismail Universitas Megarezky, Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61477/hej.v1i1.46

Keywords:

Hasil Belajar, Passing Bawah, Bola Voli

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah dalam permainan bola voli dengan pendekatan bermain. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 15 siswa Kelas VII SMP Islam Nurul Asadiyah  Desa Lassa-lassa kec. Bontolempangan Kab.Gowa. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah tes, dokumentasi, dan observasi.                

        Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan bermain, terjadi peningkatan hasil belajar passing bawah dalam permainan bola voli pada siswa kelas VII SMP Islam Nurul Asadiyah. Pada siklus I, presentase siswa yang tuntas adalah 60% atau 9 siswa. Kemudian pada siklus II, presentase siswa yang tuntas meningkat menjadi 100% atau 15 siswa.

References

Atsani, M, R. (2020). Meningkatkan Kemampuan Passing Bawah Bola Voli Menggunakan Metode Bermain. Indonesia Journal of Physical Education, vol 1(2).5592.

Krispian, A. (2018). Penerapan metode pembelajaran kooperatif student teams achievement divisisons (STAD) untuk meningkatkan kemampuan teknik passing bawah dalam permainan bola voli. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 4(01).

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik ( Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Mauludiyah, N., Muhammad, H. N., & Wibowo, S. (2024). Implementasi Pembelajaran Station Rotation Mapel PJOK pada Materi Aktivitas untuk Kebugaran terhadap Tingkat Kelincahan Siswa. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(1), 729-744.

Maulana, I. (2022). Pengaruh Latihan Menggunakan Bola Training Setter Terhadap Ketepatan Passing Atas Permainan Bola Voli (Eksperimen pada Club Bola Voli Putra Jaguar Kota Tasikmalaya) (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).

Muhajir. (2017). Buku Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VII. Jakarta :Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pratiwi, E. (2020). Buku Ajar Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani (Pedoman Guru dalam Mengajar Penjas). Palembang : Bening Media Publishing.

Rahayu, A. A., Rahmat, A., & Carsiwan, C. (2024). Hubungan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Terhadap Berpikir Kritis Siswa (Systematic Literature Review). Jurnal Dunia Pendidikan, 4(2), 839-851.

Rohendi, A. (2018). Metode Latihan dan Pembelajaran Bola Voli untuk Umum. Bandung: Alfabeta.

Sucifirawati, S. (2020). Peningkatan keterampilan passing bawah dalam permainan bola voli melalui permainan kucing-kucingan siswa kelas VA MI Badrussalam Surabaya. Skripsi. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Subini, Nini. 2013. Mengatasi Kesulitan Belajar pada Anak. Yogyakarta: Javalitera

Suhairi, M., & Utami Dewi. (2021). Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar Bermain Voli Untuk Pegangan Guru dan Pelatih. Pontianak : PT Putra Pabayo Perkasa.

Susanto, A.2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

18-12-2024

How to Cite

Iswahyudi, Rusli, K., & Ismail, A. (2024). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VII SMP ISLAM. HABIBURRAHMAN EDUCATION JOURNAL, 1(1), 11–25. https://doi.org/10.61477/hej.v1i1.46

Issue

Section

Artikel