UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PERMAINAN SEPAK TAKRAW SEPAK SILA MELALUI METODE BOLA GANTUNG PADA SISWA KELAS XI IPA 3 SMAN 3 GOWA
DOI:
https://doi.org/10.61477/hej.v1i1.47Keywords:
Hasil Belajar, Bola Gantung, Sepak Sila Sepak TakrawAbstract
Penelitian Ini Bertujuan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Permainan Sepak Takraw Sepak Sila Melalui Metode Bola Gantung Pada Siswa Kelas XI IPA 3 SMAN 3 Gowa.
Jenis Penelitian Ini Ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan Dalam Dua Siklus Yang Dimana Setiap Siklus Terdiri Dari Perencanaan, Tindakan, Observasi Dan Refleksi. Subjek Penelitian Ini Adalah Siswa Kelas XI IPA 3 Yang Berjumlah 36 Siswa Dimana Siswa Laki – laki 18 Orang Dan Siswa Perempuan 18 Orang . Teknik Pengumpulan Data Yang Digunakan Adalah Tes, Dokumentasi,dan Observasi
Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Melalui Metode Bola Gantung Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Sepak Sila Permainan Sepak Takraw Pada Siswa Kelas XI IPA 3 SMAN 3 Gowa. Dari Analisa Data Yang Diperoleh Terjadi Peningkatan Dari Siklus I Dan Siklus II. Hasil Belajar Sepak Sila Permainan Sepak Takraw Pada Siklus I Kategori Tuntas Adalah 47% Jumlah Siwa Yang Tuntas Yaitu 17 Orang Pada Siklus II Terjadi Peningkatan Persentase Hasil Belajar Sepak Sila Dalam Kategori Tuntas Adalah 100% Dengan Jumlah Siswa 36 Orang, Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Permainan Sepak Takraw Melalui Metode Bola Gantung.
References
Arikunto, Suharmisi.2003. Penelitian Tindakan Kelas. 2003. Jakarta: PT Bumi Aksara
A, Doni Koesuma, Strategi Pendidikan karakter Revolusi Mental dalam Lembaga Pendidikan (Yogyakarta: PT. Kanisius, 2015)
Ayu,F.,& Permatasi,N.(2018) Perancangan Sistem Imformasi Pengelolaan Data Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada DeviciHumas.PT.pegadaian.Jurnal Intral-Tech,20.
Baharuddin. 2017.Psikologi Pendidikan.Jogjakarta: Ar-ruzz Media
Cakrawijaya, M. H. Upaya meningkatkan hasil belajar passing dalam permainan sepakbola melalui model pembelajaran passing bervariasi terhadapsiswa kelas x mia madrasah aliyah nurul ilmi barukku efforts to improve passing learning outcomes in football games through varied pa. J. Pendidikan, Sos. Dan Humaniora, Universitas Megarezky 2, 84- 91 (2022).
Husdarta. J.S (2000). Perbandingan Pengaruh Gaya Mengajar
Kompri. (2015). Motivai Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Pendidikan, J., Humaniora, S. D. A. N., Janwar, M. & Ismail, A. UPAYA Meningkatkan Hasil Belajar Passing Melaluimetode Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Permainan Sepak Bola Siswa Kelas Viii A Smpn 1 Bangkala Barat Efforts To Improve Passing Learning Outcomes Through The Stad Tipe Cooperatif Learning Method In. 176-180 (2022).
Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka pelajar Recipracol dan Eksplorasi Terhadap Keterampilan Geras Dasar Siswa SD di Kodya Bandung, Penelitian Dana Rutin,Lembaga Penelitian,UPI 60
Suherman, Eman dkk.2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontenporer. Bandung:PT Remaja Rosdakarya
Suratman Asep.2021. Membangun Berpikir Kreatif, Sistematis Dan Logis Matematis Melalui pembelajaran Koding.Jurnal Perspektif
Sofyan, Hanif Achmad, Asry Syam. Sepaktakraw pantai: PT Raja Grafindo Persada, 2015.
Undang-Undang Dasar No.2 Tahun 1989.Sistem Pendidikan Nasional Wriatmadja. 2015. “Metode Penelitian Tindakan Kelas”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Waluyo Musyafari, Sutardji. 2013. Perbedaan pengaruh Latihan Front Cone Hops Dan Latihan Zig-zag Drill Terhadap Peningkatan Power Otot Tungkai. Jurnal of Sciences and fitnrss. Universitas Negeri Semarang
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mutakabbir Burhan, Muhammad Janwar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.