UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LOKOMOTOR MELALUI POLA PENDEKATAN BERMAIN PADA MURID KELAS 3 SDI BALANG BODDONG KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR

Authors

  • Rusli Rusli Universitas Megarezky, Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61477/hej.v1i1.50

Keywords:

Gerak Dasar, Lokomotor, Pendekatan Bermain

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Penerapan Pola Pendekatan Bermain dapat meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Lokomotor Pada Murid Kelas 3 SDI Balang Boddong Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang di laksanakan sebanyak 2 kali pertemuan di Siklus I dan Siklus II dan di rancang melalui empat tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, Dan Refeksi. Data penelitian ini adalah data psikomotorik dan sebagai data kognitif, pengamatan sebagai data afektif. Sumber data penelitian ini adalah Kelas 3 SDI Balang Boddong kecamatan tamalate kota makassar. Sebanyak 25 murid. Berdasarkan hasil penelitian perbandingan rata-rata nilai siklus I dan siklus kedua ada peningkatan yaitu dari 28% menjadi 88% peningkatan hasil belajar karena adanya keterlibatan semua murid tentunya akan berdampak positif terhadap motivasi belajar murid, sehingga murid akan berusaha memahami konsep-konsep ataupun memecahkan permasalahan yang disajikan oleh guru. Oleh karena itu pdapat disimpulkan pembelajaran pola pendekatan bermain memungkinkan untuk dijadikan sebagai salah satu penerapan pembelajaran dalam meningkatkan prestasi murid dalam belajar gerak dasar lokomotor khususnya di SDI Balang Boddong Kecamatan Tamalate Kota Makassar.

References

Adji, B. S., & Wibowo, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Gerak Dasar Lokomotor Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Modifikasi Permainan Tic Tac Toe. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 11(2), 141-152.

Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Bumi aksara.

Dini, J. P. A. U. (2021). Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Lokomotor Anak melalui Modifikasi Seni Tradisional Burok. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1787-1798.

Eveline Siregar dan Hartini Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Gralia Indonesia.

Heruman, 2013. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Husdarta. (2010). Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik (Olahraga dan Kesehatan). Bandung: Alfabeta.

Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.

Kurniwan Deni. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik Dan Penilaian). Bandung: Alfabeta. Cetakan I

Masruroh & Retnosari Ikke.(2016).Hubungan Antara Umur Ibu dan Gravida Dengan Kejadian Hiperemesis Gravidarum Di RSUD Ambarawa Kabupaten Semarang.

Mulyasa. 2011. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Purwanto.2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka belajar.

Saputra, A., & Atradinal, A. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Rekreasi Melalui Metode Modifikasi Permainan Siswa Kelas VII. 2 Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kapur IX. Jurnal JPDO, 7(11), 2545-2553.

Santoso, Z. M. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Lokomotor melalui Pendekatan Bermain pada Siswa Kelas III SDIST Ibnu Qoyyim Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2020/2021.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Cetakan ke-20

Suyono.Harianto.2014.Belajar dan Pembelajaran.Bandung:PT.Remaja Rosda Karya

Slameto, 2013. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Downloads

Published

28-12-2024

How to Cite

Rusli, R. (2024). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LOKOMOTOR MELALUI POLA PENDEKATAN BERMAIN PADA MURID KELAS 3 SDI BALANG BODDONG KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR. HABIBURRAHMAN EDUCATION JOURNAL, 1(1), 60–73. https://doi.org/10.61477/hej.v1i1.50

Issue

Section

Artikel