KONSEP PESERTA DIDIK DALAM BERBAGAI PERSPEKTIF: EMPIRISME, NATURALISME, NATIVISME, KONVERGENSI, DAN PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Herlin Pebrianti Yuanita Ponto Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
  • Yuspiani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
  • Wahyudin Naro Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61477/hej.v1i1.51

Keywords:

Peserta Didik, Empirisme, Nativisme, Konvergensi, Pendidikan Islam

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui konsep peserta didik, pandangan aliran empirisme, naturalism, nativisme, konvergensi serta tinjauan Pendidikan islam mengenai factor yang mempengaruhi peserta didik.

            Metode yang digunakan dalam hal ini yakni penelitian kepustakaan yaitu jenis penelitian yang dilakukan dengan membaca artiekel yang relevan, buku-buku serta majalah dan sumber data lainnya untuk menghimpun data dari berbagai literatur. Hasil bacaan kemudian dikumpulkan untuk kemudian dianalisa untuk mendapatkan gambaran terkait konsep peserta didik dalam pandangan teori empirisme, naturalisme, konvergensi dan tinjauan pendidikan Islam.

Merujuk pada hasil penelitian yang telah dilakukan dikemukakan bahwa Peserta didik merupakan anggota masyarakat yang senantiasa berusaha mengembangkan berbagai potensi yang ada pada dirinya. Teori nativisme meyakini bahwa setiap bayi yang baru lahir sudah membawa bakat, kemampuan, dan sifat-sifat tertentu. Sebaliknya, pandangan empiris dari John Locke menyatakan bahwa perkembangan anak sepenuhnya merupakan hasil dari lingkungan, pendidikan, dan pengalaman yang diterima sejak awal. Sementara itu, naturalisme melihat bahwa setiap anak lahir dengan sifat-sifat baik. Teori konvergensi menggabungkan kedua pendekatan ini dengan menekankan bahwa perkembangan anak ditentukan oleh faktor bawaan dan lingkungan.

Dalam pendidikan Islam, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan peserta didik terkait dengan konsep fitrah, yang mencakup fitrah sebagai khalifah dan fitrah tauhid.

References

Alika K, Hestia, Jessica Andriany, Selvi Oktavia, Resa Agustina, Ayut Nursusanti, and Arita Wahyuni, ‘Meretas Filsafat Pendidikan Materialisme-Naturalisme Dalam Konteks Pendidikan Dasar’, Madako Elementary School, 2.1 (2023), 48–61 <https://doi.org/10.56630/mes.v2i1.60>

Arifin, Zainal, Muhammad Aqsho, and Erni Suryani, ‘Konsep Hereditas Dalam Pembentukan Karakter Anak Menurut Persepsi Islam Dan Psikologi’, Prosiding Seminar Nasional: Pendidikan Islam Berkeadaban II, 2021, 56–70

Harahap, Musaddad, ‘Esensi Peserta Didik Dalam Perspektif Pendidikan Islam’, Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1.2 (2017), 140–55 <https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(2).625>

Kamaliah, ‘Hakikat Peserta Didik’, EDUCATIONAL JOURNAL: General and Specific Research, 1.1 (2021), 49–55

Kholifatun, Umi Nur, ‘Peserta Didik (Dalam Pandangan Aliran Nativisme, Empirisme, Naturalisme Dan Konvergensi Dalam Tinjauan Pendidikan Islam)’, Ta’dib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2.2 (2024), 86–96

Makbul, M, and Nur Aini Farida, ‘Peserta Didik Dalam Pandangan Teori Empirisme, Naturalisme, Konvergensi, Naturalisme Dan Tinjauan Pendidikan Islam’, Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 3.2 (2022), 167–77 <https://doi.org/10.31857/s013116462104007x>

Muhibbin Syah, Telaah Singkat Perkembangan Peserta Didik, kedua (Raja Grafindo Sejahtera, 2016)

Ramli, M, ‘Hakikat Pendidikan Dan Peserta Didik’, Tarbiyah Islamiyah, 5.1 (2015), 61–85 <https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/article/view/1825>

Zaki, Ahmad Aisy, and Nida’ul Munafiah, ‘Psikologi Perkembangan Peserta Didik Dalam Perspektif Islam’, Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 6.02 (2022), 30–37 <https://doi.org/10.35706/wkip.v6i02.8881>

Downloads

Published

21-12-2024

How to Cite

Ponto, H. P. Y., Yuspiani, & Naro, W. (2024). KONSEP PESERTA DIDIK DALAM BERBAGAI PERSPEKTIF: EMPIRISME, NATURALISME, NATIVISME, KONVERGENSI, DAN PENDIDIKAN ISLAM. HABIBURRAHMAN EDUCATION JOURNAL, 1(1), 36–44. https://doi.org/10.61477/hej.v1i1.51

Issue

Section

Artikel