Implementasi Pohon Literasi Pada Program Kampus Mengajar di SD 81 Bukamata
DOI:
https://doi.org/10.61477/abdisamulang.v4i1.56Kata Kunci:
Pohon Literasi, Kampus MengajarAbstrak
Program Kampus Mengajar bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah-sekolah daerah dengan melalui keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan pengabdian masyarakat. Pengabdian ini membahas implementasi Pohon Literasi sebagai inovasi dalam membangun budaya literasi di SD 81 Bukamata. Pengabdian bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa di SD 81 Bukamata melalui pendekatan kreatif dan inovatif, mengembangkan budaya literasi di lingkungan sekolah, memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa, mendorong keterlibatan guru, orang tua, dan masyarakat dalam mendukung program literasi. Metode yang digunakan meliputi observasi awal, pembuatan media Pohon Literasi, pelaksanaan kegiatan membaca harian, dan evaluasi perkembangan siswa. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam partisipasi siswa terhadap kegiatan literasi, penguatan budaya membaca di sekolah, serta kolaborasi yang erat antara guru, siswa, dan orang tua. Program ini juga berhasil menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan. Dengan adanya Pohon Literasi, siswa tidak hanya terdorong untuk membaca tetapi juga untuk menulis dan berbicara dengan lebih percaya diri. Program ini diharapkan dapat menjadi model untuk diterapkan di sekolah lain guna membangun ekosistem literasi yang lebih luas dan berkelanjutan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ashar, Reski Idamayanti

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.