Visual Learning With Canva: Meningkatkan Literasi Digital Siswa Dengan Media Desain Interaktif di SMA 23 Makassar

Penulis

  • Andi Annisa Sulolipu Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Vivit Rosmayanti Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Areski Wahid Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • St. Wijdanah Ram Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Suryadi Ishak Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61477/abdisamulang.v4i1.58

Kata Kunci:

Literasi Digital, Media Desain Interaktif, Pembelajaran Berbasis Desain, Kreativitas Siswa, Teknologi Produktif

Abstrak

Literasi digital merupakan kemampuan esensial yang harus dimiliki oleh siswa untuk menghadapi tantangan era digital. Namun, banyak siswa yang masih memanfaatkan teknologi secara pasif tanpa mengembangkan keterampilan kreatif dan produktif. Program "Visual Learning with Canva: Meningkatkan Literasi Digital Siswa dengan Media Desain Interaktif di SMA 23 Makassar" bertujuan untuk meningkatkan literasi digital siswa melalui pendekatan pembelajaran berbasis desain. Siswa akan belajar membuat konten visual seperti poster, infografis, dan presentasi yang relevan untuk pembelajaran. Pelatihan ini mengintegrasikan literasi digital, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis sebagai bekal bagi siswa untuk meningkatkan kemampuan dalam pembelajaran. Hasil yang diharapkan dari pelatihan ini adalah meningkatnya kemampuan siswa dalam memahami dan menggunakan teknologi secara produktif, serta terciptanya konten visual berkualitas yang dapat mendukung proses pembelajaran dan peningkatan literasi digital peserta.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-31

Cara Mengutip

Sulolipu, A. A., Rosmayanti, V., Wahid, A., Ram, S. W., & Ishak, S. (2025). Visual Learning With Canva: Meningkatkan Literasi Digital Siswa Dengan Media Desain Interaktif di SMA 23 Makassar. ABDI SAMULANG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 56–63. https://doi.org/10.61477/abdisamulang.v4i1.58